Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan


image

Sekitar satu dari tujuh pasangan memiliki kesulitan untuk mendapatkan kehamilan secara alami. Namun, tak perlu berputus asa jika Ibu dan Ayah termasuk di antaranya. Banyak pilihan yang dapat dilakukan, mulai dari akupunktur sampai proses bayi tabung.

Salah satu bidan dan ahli kesuburan, Zita Barat, mengungkapkan, pola makan ternyata turut berperan terhadap keberhasilan kehamilan.

“Diet yang baik akan membantu organ reproduksi wanita siap untuk mengandung seorang bayi, sementara pada pria bisa membuatnya memiliki kualitas sperma yang baik dan sehat,” katanya.

Nah, jika Ibu dan pasangan kekurangan nutrisi, pengaruhnya bukan hanya pada kesuburan, melainkan juga mood dan libido.

Untuk memperbaiki suasana hati dan meningkatkan gairah seks, Ibu dapat mengonsumsi beberapa makanan yang mendorong produksi neurotransmitter (penghantar bahan kimia dari sistem saraf), di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Dopamin
Zat kimia ini akan membantu kita untuk selalu merasa positif dan termotivasi. Selain itu, dopamin juga mampu dalam meningkatkan gairah seksual. Tubuh akan memproduksinya dari asam amino tirosin dengan nutrisi penting lainnya seperti vitamin B3, B6, dan C.

Makanan kaya tirosin termasuk ayam, daging merah tanpa lemak, kalkun, ikan cod, ikan halibut, kerang, tuna, telur, serta produk susu, alpukat, pisang, dan gandum.

2. Serotonin
Zat kimia ini merupakan suatu mood booster yang mampu memperbaiki mood seseorang. Tubuh akan mengubah asam amino triptofan untuk memproduksinya.

Makanan yang kaya akan triptofan ialah ayam, domba, kalkun, ikan cod, ikan halibut, salmon, sarden, tuna, asparagus, sayuran berdaun hijau, kentang, biji-bijian dan kacang kedelai, dan yoghurt.

3. Phenylethylamine
Senyawa inilah yang memberikan perasaan berbunga-bunga ketika Ibu pertama kali merasakan jatuh cinta sehingga senyawa ini baik untuk menghidupkan kembali rasa itu, khususnya saat dalam melakukan hubungan seks. Salah satu makanan yang kaya akan phenylethylamine adalah cokelat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s