Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan dan Kecantikan


image

Banyak hal yang didapatkan atas segala limpahan kekayaan alam yang telah Tuhan berikan seperti beberapa manfaat buah melon dibawah ini. Buah hijau dengan rasa manis yang menyegarkan ini masuk dalam jenis famili Cucurbitaceae, seperti blewah, garbis atau labu. Rasanya yang manis segar kerap menjadi pilihan banyak orang untuk menjadikannya sebagai jus atau buah penutup diatas meja makan. Ada juga rasa buah melon yang sudah ada dalam bentuk sirup.

Saat bulan puasa, buah ini sering muncul sebagai buah pencuci mulut yang menyegarkan. Ternyata, selain mengandung banyak air dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh, buah melon ini mengandung beberapa khasiat lain yang patut untuk diketahui. Berikut beberapa informasi mengenai manfaat buah melon yang mungkin sangat berguna dan semakin membuat Anda untuk mengonsumsi buah menyegarkan ini:

1. Buah yang Kaya akan Vitamin A
Selama ini yang menjadi primadona untuk masalah kandungan vitamin A adalah wortel. Namun sekarang yang patut Anda ketahui adalah melon ternyata kaya akan kandungan vitamin A yang tak kalah banyak. Untuk 1 buah melon saja, mampu mencukupi 25% kebutuhan vitamin A harian Anda. Vitamin A sangat baik bagi pertumbuhan gigi, tulang dan mata.

2. Sumber likopen
Buah melon merupakan sumber likopen, yaitu semacam senyawa aktif yang dapat membunuh sel-sel jahat penyebab kanker. Selainitu, melon juga mampu menurunkan resiko penyakit jantung.Β 

3. Pencegah Penyakit Gula Darah
Kandungan air dan gula alami pada buah melon mampu mencegah penyakit diabetes. Bagi Anda yang suka akan makanan-makanan manis dan tinggi lemak, ada baiknya untuk mengimbangi dengan mengonsumsi buah-buahan seperti melon yang rendah lemak dan mengandung banyak kalori.

4. Buah Pencegah Kanker
Seperti yang telah dijelaskan di bagian atas bahwa melon merupakan buah yang kaya akan likopen, sehingga mampu membunuh sel-sel jahat penyebab kanker. Konsumsilah buah melon setiap hari jika perlu untuk pencegahan dini.

5. Dapat Membuat Mata Sehat
Buah yang mengandung banyak vitamin A ini mampu menjaga mata Anda dari penurunan kualitas penglihatan seperti rabun jauh, rabun dekat, mata ayam, atau katarak.

6. Melancarkan Proses Pencernaan
Buah melon yang kaya akan kandungan serat dan air mampu membantu melancarkan proses pencernaan Anda. Jika Anda memiliki masalah pencernaan dan susah buang air besar, dapat memanfaatkan buah melon sebagai alternatif pengobatan Anda. Cukup dimakan langsung atau dibuat jus.

Diantara manfaat yang terkandung dalam buah melon untuk kesehatan, di sisi lain buah melon pun juga berkhasiat bagi kecantikan Anda, seperti dapat mencerahkan atau mengencangkan kulit Anda.

Berikut segudang manfaat buah melon bagi kecantikan yang berguna bagi Anda:

1. Mengandung Kolagen untuk Kesehatan Kulit
Siapa bilang bahwa melon hanya baik untuk kesehatan saja? Penelitian-penelitian terbaru menunjukkan fakta bahwa buah melon memiliki banyak kandungan kolagen. Kolagen sendiri merupakan zat yang dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit dan pelepasan sel-sel kulit mati. Maka dengan mengonsumsi buah melon sesering mungkin, maka dapat membuat kulit Anda senantiasa segar dan kencang.

2. Dapat Mencerahkan Wajah
Tak banyak yang mengetahui bahwa buah melon dapat mencerahkan kulit wajah Anda. Ini dikarenakan buah manis segar ini kaya akan kandungan air di dalamnya. Air alami yang langsung terasa ketika gigitan pertama inilah yang membuat kulit Anda menjadi cerah karena membersihkan sel-sel kulit mati secara menyeluruh.

Demikian ulasan sedikit mengenai manfaat buah melon bagi kesehatan sekaligus kecantikan kulit Anda. Semoga bermanfaat.ο»Ώ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s