Hindari Obesitas Pada Anak Anda


image

Kelebihan berat badan atau obesitas pada anak tanpa kita sadari sebetulnya sangat berpengaruh buruk pada kesehatan. Bukan saja berbahaya bagi orang dewasa, anak-anak pun bisa terserang berbagai masalah kesehatan bila kelebihan berat badan.

Obesitas atau biasa disebut juga dengan kegemukan merupakan suatu kondisi dimana terjadi penumpukan lemak pada tubuh secara berlebihan dikarenakan kalori yang dikonsumsi melebihi dari apa yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini akan dapat menyebabkan resiko penyakit seperti jantung, hipertensi, asma, diabetes dan lain-lain.  

Kebiasan anak mengonsumsi makanan manis, junkfood, minuman dingin dan bersoda, merupakan salah satu hal yang sering membuat anak mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Ditambah lagi kurangnya aktivitas fisik pada anak karena kegemaran anak bermain video games sehingga aktivitas anak lebih banyak duduk dan diam daripada bergerak. 

Sebagian besar dari faktor penyebab obesitas tersebut merupakan kebiasaan buruk pada anak yang kurang diperhatikan oleh orang tua. Kami memiliki beberapa informasi yang mungkin dapat Anda lakukan sebelum anak Anda mengalami obesitas, berikut tipsnya :

Mengontrol asupan nutrisi anak
Jangan biarkan anak Anda terus-menerus mengonsumsi makanan manis kegemarannya. Berikan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan anak  seperti sayuran dan buah-buahan pada menu harian anak serta perhatikan cemilan yang biasa dikonsumsinya. 

✔Ajak anak berolahraga
Ajak anak Anda berolahraga, tentu saja dengan cara yang menarik sehingga anak tertarik untuk melakukannya, lakukan permainan di luar rungan yang dapat membuat anak banyak bergerak seperti lari-lari di taman rumah, bermain bola, renang atau bersepeda. Selain baik untuk kesehatan anak, kegiatan ini juga mengajarkan anak untuk bersosialisai dengan lingkungannya. 

✔Ubah kebiasaan buruk Anda
Jika Anda sebagai orang tua memiliki pola makan yang kurang baik maka anak akan cenderung menirunya. Untuk itu peran orang tua dalam hal pola makan juga harus di perhatikan agar menjadi contoh baik bagi anaknya. Bukan saja pola makan, kebiasaan buruk seperti jarang berolahraga kurang memperhatikan istirahat juga secara tidak langsung akan ditiru anak Anda sendiri. 

✔Kontrol aktivitas anak anda
Kontrol aktivitas anak Anda di dalam dan di luar rumah, bukan menutup rapat anak Anda bergaul dengan temannya, namun atur jam main, belajar, makan, sampai bermain video games anak Anda. Hal ini penting agar aktivitas anak Anda teratur sehingga membuat pertumbuhan anak tidak terganggu. 

Sebagai orang tua, kebutuhan anak merupakan hal yang perlu didahulukan. Sehingga kadang orang tua memberikan segala yang anak inginkan tanpa memikirkan dampak setelahnya. Coba mulai saat ini untuk memberikan pandangan lain pada anak tentang hidup sehat, sehingga anak paham pentingnya hidup sehat bagi tubuh dan pertumbuhan anak Anda. Semoga bermanfaat, salam sehat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s