7 Alasan Kenapa Kita Harus Makan Ikan


image

7 Alasan Kenapa Harus Rajin Makan Ikan

Ikan dikenal sebagai makanan yang rendah kalori dan tinggi protein. Bahkan ada yang menyebut ikan sebagai makanan otak. Nah, berikut adalah tujuh alasan kenapa Anda harus rajin makan ikan, seperti dilansir everydayhealth.com.

1. Mencegah penyakit jantung
Sebuah studi di Denmark – yang dilakukan pada 49.000 wanita – menemukan bahwa wanita yang makan sedikit atau tidak makan ikan memiliki masalah jantung hingga 50 persen.

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa wanita yang jarang makan ikan memiliki risiko penyakit jantung tiga kali lipat lebih tinggi daripada mereka yang sering makan ikan.

2. Mengurangi risiko Alzheimer
Makan ikan setidaknya seminggu sekali dapat membantu menjaga kesehatan neuron abu – bagian dari otak yang terkait dengan memori dan kognisi, menurut sebuah studi baru di Amerika Utara.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang makan ikan yang dipanggang – tidak digoreng – memiliki otak yang lebih besar dan sel-sel di area otak yang bertanggung jawab untuk memori dan belajar juga tampak lebih besar.

Para ilmuwan percaya bahwa volume otak yang lebih besar dapat membantu menurunkan risiko penurunan kognitif dan penyakit Alzheimer.

3. Baik untuk kulit dan rambut
Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan dapat menyehatkan kulit dan rambut. Sebuah peneliti telah menemukan bahwa asam lemak omega-3 dapat mengobati masalah kulit seperti psoriasis.

4. Meningkatkan perkembangan otak
Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan mengandung nutrisi penting bagi anak karena berkontribusi untuk perkembangan otak. Beberapa studi telah menemukan bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu menenangkan gejala ADHD.

5. Menguatkan sperma
Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan pada 188 pria menemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak ikan segar – bersama dengan makanan sehat lainnya seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian – memiliki sperma yang lebih kuat.

Para peneliti mengatakan bahwa penelitian lebih lanjut perlu dilakukan, namun data awal menunjukkan bahwa makanan sehat dapat meningkatkan bentuk dan mobilitas sperma.

6. Melawan depresi
Beberapa studi menemukan bahwa asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan efektif dalam mengobati depresi. Sebuah studi yang dilakukan pada 52 wanita hamil menemukan bahwa mengonsumsi kapsul asam lemak omega-3 300 mg selama kehamilan, dapat mengurangi risiko depresi pasca-melahirkan.

7. Vitamin D
Ikan air asin merupakan sumber vitamin D, yang menurut para ilmuwan dapat membantu menangkal penyakit, meningkatkan kesehatan tulang, dan menangkal penurunan kognitif. (Merdeka)

Untuk mendapatkan 7 manfaat ikan, Anda dapat mengkonsumsi :

✔ K-OmegaSqua

image

Suplemen tambahan untuk pelajar dan orang dewasa hingga orangtua, berupa minyak ikan yang kaya Omega-3, Squalene, Leicitin, Vitamin E

✔ K-OmegaKids

image

Suplemen tambahan untuk anak-anak usia 1 – 12 tahun, yang kaya akan Omega-3, Vitamin A dan Vitamin D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s