Apa itu GERD dan bagaimana cara ampuh menyembuhkannya


image

GERD atau gastroesophageal reflux disease, merupakan suatu kondisi dimana terjadinya regurgitasi balik ke dalam tenggorokan sebagian cairan atau makanan yang bercampur dengan asam lambung. Penyebabnya antara lain makan terlalu banyak, obesitas ataupun kehamilan.

GERD biasanya ditandai dengan gejala-gejala seperti rasa terbakar dalam dada, mual, muntah atau rasa “asam” di dalam mulut.

image

Sebenarnya, GERD punya gejala khusus yang mudah dibedakan dari sakit lambung. Seperti rasa terbakar di bagian belakang tulang dada dan cairan lambung yang naik tidak hanya sampai ke kerongkongan, tetapi juga hingga ke mulut. GERD bisa diringankan dengan obat sakit lambung biasa, tetapi tidak akan menuntaskan penyebabnya. Akibatnya, penyakit ini akan kambuh lagi dalam waktu yang cukup singkat, dalam hitungan jam atau beberapa hari kemudian.

Pengobatan GERD meliputi banyak hal. Yang utama dan terpenting adalah perubahan gaya hidup:
⚫Obesitas dan kelebihan berat badan meningkatkan GERD. ⚫Penurunan berat badan dapat mengurangi gejala GERD
⚫Berhenti merokok
⚫Pasien yang dianjurkan untuk makan dalam porsi kecil namun lebih sering. Makanan terakhir hari harus diambil minimal 4 jam sebelum tidur. ⚫Berbaring segera setelah makan dapat memperburuk gejala GERD.
⚫Hindari makanan dan minuman yang memicu asam lambung seperti alkohol, kopi, cokelat, tomat, makanan berlemak atau pedas.
⚫Hindari pakaian ketat terutama di sekitar perut.
⚫Meninggikan ujung kepala saat tidur sekitar 20 cm dengan menempatkan irisan atau blok di bawah bantal akan membantu untuk mengurangi gejala GERD.
⚫Hindari penggunaan obat-obat yang dapat meningkatkan risiko GERD, seperti: nitrat, anti-kolinergik, antidepresan tricyclic, NSAID (Ibuprofen, asam mefenamat, dsb), kalium garam dan bosphosphonates seperti alendronate.

Gejala GERD hampir sama dengan sakit lambung. Gejala khusus GERD yang mudah dibedakan dari sakit lambung adalah: rasa seperti terbakar /panas di bagian belakang tulang dada dan cairan lambung yang naik tidak hanya sampai ke kerongkongan, tetapi juga hingga ke mulut sehingga dapat terasa asam pada bagian belakang mulut.  Nyeri dada dari GERD dapat meniru serangan jantung, kembung, dan banyak lainnya.

Pada penderita GERD, terjadinya sesak napas dipicu oleh hal-hal yang meningkatkan asam lambung, seperti saat terlambat makan, stres, setelah mengkonsumsi kopi, alkohol, rokok dll.

Cara ampuh mengobati GERD dengan produk K-Link:
1. Minumlah K-Liquid Chlorophyll 3x 2 sloki setiap hari sebelum makan.
2. Minum Gamat Emulsion 2x 2 sloki setiap pagi sebelum sarapan dan malam sebelum tidur
3. Rutinlah konsumsi K-Organic Spirulina 2x 1 sachet setiap hari, bersamaan dengan Gamat Emulsion.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s