5 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas


Makanan adalah bahan, biasanya berasal dari hewan atau tumbuhan, dimakan oleh makhluk hidup untuk memberikan tenaga dan nutrisi. Cairan yang dipakai untuk maksud ini sering disebut minuman, tetapi kata ‘makanan’ juga bisa dipakai. Istilah ini kadang-kadang dipakai dengan kiasan, seperti “makanan untuk pemikiran”. Kecukupan makanan dapat dinilai dengan status gizi secara antropometri.

Makanan yang dibutuhkan manusia biasanya dibuat melalui bertani atau berkebun yang meliputi sumber hewan dan tumbuhan. Beberapa orang menolak untuk memakan makanan dari hewan seperti, daging, telur dan lain-lain. Mereka yang tidak suka memakan daging dan sejenisnya disebut vegetarian yaitu orang yang hanya memakan sayuran sebagai makanan pokok mereka.

Kentang

Menyimpan kentang dalam suhu yang dingin dalam kulkas akan mengubah tepung dalam kentang menjadi gula lebih cepat. Hal ini dapat mengakibatkan perubahan rasa kentang menjadi manis dan teksturnya berpasir.

Daripada menyimpan kentang di kulkas, simpan di dalam kantung kertas di suhu ruang. Tempat yang ideal adalah dalam lemari penyimpanan yang bebas dari paparan sinar matahari.

Jangan simpan kentang dalam plastik karena dapat membuat kentang busuk lebih cepat.

Tomat

Tomat hanya akan kehilangan seluruh rasanya apabila disimpan dalam kulkas? Mengapa? Ternyata udara sejuk yang ada dalam kulkas dapat menghentikan proses pematangan buah, sementara proses pematangan adalah hal yang memberikan tomat cita rasa.

Selain itu, penyimpanan dalam kulkas juga dapat merusak tekstur tomat karena udara dingin menghancurkan membran dalam dinding sayur sehingga warna menjadi pucat dan bertepung.

Sebaiknya simpan tomat dalam mangkuk atau keranjang di dapurmu.

Roti

Menyimpan roti dalam kulkas akan mengeringkan rotimu lebih cepat. Kecuali roti tawar, sebaiknya roti lainnya tidak kamu simpan dalam kulkas.

Pilihan lainnya adalah memasukkan roti ke dalam freezer dalam keadaan tertutup rapat dan kedap udara untuk menjaga kelembapan roti.

Bawang Putih

Bawang putih akan menumbuhkan tunas lebih cepat jika disimpan dalam kulkas, selain itu bawang putih juga akan berjamur dan berubah tekstur menjadi seperti karet. Sebaiknya simpan bawang putih di tempat yang kering dan sejuk saja.

Madu

Tidak perlu menyimpan madu dalam kulkas, madu sendiri akan tetap terjaga kualitasnya selamanya asalkan kamu menyimpannya dengan tertutup rapat dan kedap udara.

Menyimpan madu dalam kulkas sendiri hanya akan menyebabkan madu mengkristal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s