ANTI MLM


Minggu lalu saya sempatkan diri menengok akun Koprol saya yang agak-agak nganggur karena saya lebih banyak kongkow di Facebook dan mengurus web bisnis.

Beberapa ajakan pertemanan saya approve, beberapa ‘timeline’ yang menarik saya ikuti jejaknya dan saya klik profil pemiliknya. Dari sana juga saya iseng membuka sebuah personal blog milik seorang perempuan. Dia rajin menulis di wordpress [dot] com. Tulisannya juga manis. Sederhana dan memikat. Iseng saya scrolling terus sampai saya ketemu logo yang saya pampang diatas itu [Anti MLM] terpasang di sidebar blog si empunya.

Saya tertegun sejenak. Orang ini tampak begitu baik, terpelajar dan santun. Kok dia pasang “pesan” seperti itu ya di blognya yang bagus ini? Ada apakah gerangan? Begitu bencikah? …

***

Pertanyaan saya diatas jelas tidak terjawab, sebab saya juga tidak berminat panjang lebar berdiskusi soal ini. Saya hanya heran saja dengan tingkah beberapa orang yang repot mengkampanyekan anti MLM, sampai-sampai meluangkan waktu membuat banner, memasang banner di blog dsb.

Dalam perjalanan bisnis saya, yang MLM banget, saya banyak bertemu dengan orang-orang yang menolak untuk bergabung. Tapi alasan mereka cukup santun, terlepas dari soal mengesalkan atau tidak. Mereka mengatakan bahwa mereka memang tidak berminat, mereka merasa tidak mampu atau tidak bakat, atau tidak menggunakan produknya atau sedang menjalankan bisnis lain yang memerlukan kehadiran serta konsentrasi. Saya tidak persis tahu sebenarnya dasar penolakan mereka apa, hanya saja saya bukan termasuk yang gemar mengejar dan memaksa. Gak mau ya sudah, hehe… Memang dikira kalau mereka join saya gak repot ngurusin segala tetek bengek perjalanan bisnis mereka sampai bisa dilepas mandiri?

Hahaha, memaksa yang gak mau supaya akhirnya mau sama saja dengan membanting-banting tulang demi ‘nothing’ kayaknya…

***

Yang ingin saya sampaikan lewat blog ini sebenarnya adalah, MLM adalah bisnis biasa. Benar-benar bisnis biasa. Memerlukan kerja keras, konsentrasi, pengorbanan dalam bentuk waktu dan uang. Untuk sukses pun memerlukan waktu yang sebanding dengan kerja kerasnya [makin keras makin cepat sukses dan makin malas makin lama, bahkan gagal]. Bisnis ini pun sama sekali tidak pernah menawarkan kekayaan instan.

Yang membedakan bisnis MLM dengan bisnis konvensional hanyalah sistem kerjanya. Cara sebuah produk/jasa dipasarkan, diperjualbelikan dan bentuk keterlibatan pelaku pemasaran hingga end-users, itu saja. Sistem pemasaran MLM diakui bahkan hingga level akademis. Di lapangan, bisnis berbasis MLM terus tumbuh dan individu-individu yang menjadi lebih kuat secara finansial karena berkecimpung dalam bisnis ini terus naik jumlahnya.

Saya kira, seorang blogger, adalah mereka yang sedikit lebih terpelajar dibanding masyarakat lainnya. Mereka pasti melek huruf dan tidak gagap teknologi serta internet. Tambahan, mereka pasti pintar menulis, bahkan sampai tahap yang lebih ahli mungkin… seorang pakar internet marketing, ahli script dsb.

Saya yakin jika mereka berkenan meluangkan sedikit waktu dan mau sedikit rendah hati, googling ke berbagai sumber, datang ke perpustakaan sebentar untuk sekedar riset, pasti akan menemukan inti luar biasa dari model bisnis ini. Pasti juga akan menemukan fakta bahwa hamparan peluang yang ditawarkan oleh model bisnis ini mampu menghidupi ribuan orang di Indonesia, negeri yang sedang ngos-ngosan menurunkan angka pengangguran.

Masak iya sih jadi blogger gak bisa googling? Gak bisa baca berita-berita finansial dan perekonomian terbaru via internet? Gak bisa melakukan riset, minimal secara online? Gak pernah tahu bahwa Donald Trump pun turun gunung dan menciptakan bisnis baru berbasis MLM dengan alasan bahwa bisnis model inilah satu-satunya cara dimana dia bisa makin kaya sekaligus membuat kaya orang lain? Huuuuuh…

Sekali lagi saya gak prospekin kalian ya… hehe… Cuma pengen pesan, kalau gak ingin bergabung, ya gak ingin saja. Kalau mau kampanye, soal lain, pelajari dulu materi yang mau dikampanyekan. Don’t make your blog looks idiot ;P

Terakhir, ingin bertanya, menjadikan blog kalian sebagai BLOG ANTI MLM, sudah menyumbang apa? ;P

Cheers,

Andinie Sunjayadi

Leave a Reply

