Tips Mengurangi NYERI HAID


Sebagai seorang wanita setiap bulan akan mengalami masa haid, tetapi tidak sedikit wanita yang mengalami masalah pada saat datang bulan tiba, diantaranya adalah nyeri haid.

Nyeri haid adalah rasa nyeri/sakit yang timbul sewaktu akan haid atau selama haid, dengan gejala seperti mulas pada perut bagian bawah sampai ke pinggang dan paha.

Penyebab nyeri haid diantaranya karena beberapa penyakit, radang pinggul, stres, endometriosis, tumor atau kelainan letak uterus. Tetapi penyebab yang paling sering adalah karena terjadinya ketidakseimbangan hormonal.

Untuk mengurangi nyeri haid, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, di antaranya:

  • Diet rendah lemak, garam dan gula tetapi tinggi protein dan serat untuk membantu mengurangi kelebihan estrogen dan mengurangi pembengkakan pada payudara.
  • Konsumsi makanan yang kaya vitamin B6, diantaranya ikan segar, kacang-kacangan, beras merah, alpukat, pisang, makanan dengan kandungan kalsium (kedelai, tahu, tempe) dan magnesium (sayuran hijau dan makanan laut).
  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein, alkohol dan nikotin selama 2 minggu sebelum masa menstruasi.
  • Minum 8 gelas cairan setiap hari
  • Olahraga secara teratur karena bermanfaat untuk tubuh Anda. Pilih olahraga ringan.
  • Lakukan teknik relaksasi (menarik nafas dalam-dalam, yoga, atau meditasi)
  • Gunakan pembalut K-Sophie yang mengandung formulasi herbal dan ion negatif yang dapat membantu memperlancar keluarnya darah haid dan mengatasi masalah saat menstruasi, dan dapat mengatasi masalah pada sekitar organ intim.
  • Pakailah K I-Panty yang dapat membantu mengurangi rasa sakit pada daerah pinggang dan memberikan kenyamanan saat Anda beraktifitas di saat menstruasi.
  • Konsumsi AyuVita, suplemen terbaik untuk wanita yang memberikan kesehatan dalam, stamina tetap terjaga dan mampu mengatasi rasa sakit di saat haid tiba.

(Sumber : Global Network edisi Mei 2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s