Dream & Goal Setting


DREAM & GOAL SETTING

Perlunya Melakukan Set Goal

  • Menetapkan Tujuan (jangka Pendek & Panjang)
  • Efisiensi waktu dan tenaga
  • Mengetahui Prioritas
  • Menggunakan tujuan untuk membantu Anda bertumbuh
  • Tujuan adalah mimpi yang diwujudkan

Baca buku Berpikir & Berjiwa Besar, Bab 12 : “Gunakan Tujuan Untuk Membantu Anda Bertumbuh”

Renungan :

Apa yang membuat Anda keluar dari ZONA KENYAMANAN Anda untuk bangun pagi dan bekerja bahkan hingga larut malam?

Mekanisme Setting Goal :

Impian Hidup

  • IMPIAN berbeda dengan KEINGINAN
  • Impian mempunyai kekuatan yang mendalam, melibatkan gelombang emosi dan memberikan tambahan energi.
  • Keinginan sangat rentan terhadap problema.
  • Impian memberikan kekuatan kepada Anda sehingga proses perwujudannya terasa lebih ringan.

Temukan Impian Anda

Impian manusia biasanya berkaitan erat dengan orang-orang yang dicintainya. Visualisasikan Impian Anda (buat buku Impian dan carilah foto-foto yang dapat menggambarkan Impian Anda).

 

Statistik Impian di Masyarakat

  • 60% Manusia mempunyai impian yang samar-samar = Hidup dengan gaya hidup rata-rata.
  • 17% Manusia tidak mempunyai Impian sama sekali = Hidup dibawah belas kasihan orang lain.
  • 10% Manusia mempunyai impian yang hanya dalam pikiran mereka = Hidup 3x dari orang rata-rata
  • 3% Manusia mempunyai impian yang jelas terperinci dan divisualisasikan = Hidup sangat sukses

Apa Impian Anda?

Rumah Baru? Jalan-jalan Ke Luar Negeri? Bebas Finansial? Bayar Hutang? Bantu Sesama? Sekolahkan Anak ke luar negeri? Penghasilan Tambahan? Membeli Mobil mewah? Mempunyai Usaha sendiri? Mengajak orang tua ke luar negeri? Naik Haji?

Telaah Impian Anda

  • Mengapa hal itu penting bagi Anda?
  • Apa yang Anda akan lakukan untuk mewujudkannya?
  • Kapan hal itu akan terwujud?
  • Jika hal itu tidak terwujud apa yang terjadi dengan Anda?

Target Personal Target Personal adalah target yang kita tentukan dari Jangka Pendek ke Jangka Panjang menuju perwujudan impian hidup Anda.

Kebutuhan yang Mendesak

Contoh : Tiba-tiba listrik rumah anda dipotong karena anda telah menunggak pembayarannya. Akibatnya rumah anda menjadi gelap. Anak-anak anda menangis dan tidak dapat menyelesaikan kerja sekolah. Isteri anda juga tidak dapat menjalankan kewajiban seperti memasak dan sebagainya.

Apakah tindakan anda?

  • Tujuan – Membayar tagihan listrik
  • Cara – Mendapatkan uang

Bagaimana?

  • Bekerja
  • Hutang
  • Mencuri/menodong

Bekerja ? kerja apa dan di mana? Hutang ? dengan siapa? Mencuri ? rumah siapa dan curi apa? Akibatnya – Rumah anda gelap. Semua aktivitas tidak dapat dijalankan. Semua pihak menyalahkan anda dan anda mungkin ditertawakan oleh tetangga.

Langkah 1 – Sebelum anda menetapkan apa-apa tujuan di dalam perniagaan ini, pastikan anda menyelesaikan dahulu perkara-perkara berikut :

  • Memahami Rancangan Pemasaran K-LINK.
  • Sekurang-kurangnya memahami pengetahuan produk K-LINK, minimal 4 produk dan pakai produk tersebut.

Langkah 2 – Mengapa anda perlu mencapai sesuatu posisi di dalam usaha ini ?

  • Keuangan
  • Penghargaan
  • Motivasi untuk menjayakan orang lain dan sebagainya

Langkah 3 – Tempo waktu untuk mencapai posisi yang ditetapkan (jangka waktu pendek, sedang dan panjang).

 

Perencanaan Keuangan Pribadi (penghasilan & pengeluaran bulanan)

  • Penghasilan. Penghasilan Bersih, Penghasilan Sewa, Penghasilan Bunga tabungan, Penghasilan Deviden, Bonus Distributor, Penghasilan lainnya.
  • Pengeluaran. Bayar Kontrak/Cicilan Rumah, Pemeliharaan dan Perbaikan Rumah, Asuransi Rumah, Bayar cicilan Mobil, Asuransi Mobil & Pajak STNK, Bensin/Parkir/Tol dan Pemeliharaan, Asuransi Jiwa, Pajak Penghasilan, Biaya untuk orang tua, Air & Listrik, Telephone, Biaya Sekolah Anak-anak, Biaya Kuliah Anak-anak, Uang Saku/biaya makan, Biaya transportasi Anak, Biaya penitipan Anak/Play Group, Gaji Pembantu/Sopir, Biaya Makanan Keluarga, Peralatan Mandi/Sabun/pasta & sikat gigi/tisuie, dsb, Biaya Perjalanan Pribadi, Biaya Pribadi lain-lain (kaca mata, softlens, jam tangan, dsb), Biaya Kesehatan dan Medikal-Perawatan kulit dan kosmetik-Pakaian, Hiburan, Hadiah dan lain-lain.
  • Budged Pengeluaran Masa Depan. Beli Mobil, Rumah, Perabotan/Perlengkapan Rumah Tangga, Renovasi Rumah, Pembagian Investasi, Biaya Perjalanan Liburan Tahunan, Tabungan Hari Tua,dan Lain-Lain.

Target Karier

  • Tentukan besarnya Biaya yang diperlukan dan waktu perwujudannya Impian dan Target Personal Anda.
  • Cocokan dengan Karier Anda di K-Link dengan tahapan Impian dan Target Personal Anda.

Perencanaan Waktu

Contoh:

  1. Manager (3-4 bln), 3 – 4 jt/bln
  2. Saphire Manager(5 bln), 5 – 6 jt/bln
  3. Ruby Manager (6 bln), 6 – 10 jt/bln
  4. Emerald Manager (7-8 bln), 10 – 20 jt/bln
  5. Diamond Manager (1 th), 20 – 40 jt/bln
  6. Crown Manager (1,5 th), 40 – 70 jt/bln
  7. Crown Ambassador (2 th), 70 jt – tak terhingga

Action Plan

  • Konsultasikan Rencana Kerja Anda dengan Upline Aktif Anda.
  • Konsultasikan dengan siapa Anda bekerja & menginvestasikan waktu pada Jaringan Anda.
  • Buat Rencana yang terperinci, dari kegiatan bulanan,mingguan dan harian.

Baca buku “Berpikir & Berjiwa Besar” Bab 10 : “Dapatkan Kebiasaan Bertindak”

Tips: Bagaimana membuat Gameplan, Action Plan yang jelas dan terperinci ikuti program pelatihan CNQ namun harus lulus BOB dulu

Perhatikan Marketing Plan K-Link hanya memerlukan 3 leg yang aktif serta 2 leg semi aktif maka setiap distributor akan membuka 3 leg dahulu dan setelah salah satu leg mulai aktif dengan-pengawasan minimum, anda membuka 2 leg lagi. (sebaiknya kasus per kasus konsultasi dengan upline aktif anda) Strategi ini perlu diduplikasikan kepada jaringan anda. Untuk itu pastikan K-System menyelenggarakan pertemuan BT1, 2, 3 & OnC dan Produk Talk pada setiap bulan di daerah Anda.

 

Penetapan Tujuan (Goal Setting)

  • Pastikan anda mempunyai kegiatan harian/mingguan/bulanan untuk menjalankan usaha ini.
  • Temui dan tawarkan peluang usaha ini minimal kepada 2 orang setiap hari dan mempergunakan waktu minimal 3 jam sehari. Menyediakan waktu untuk downline anda dalam menjalankan usaha ini. Bersedia investasi bagi pengembangan usaha anda seperti stok barangan, bahan-bahan cetak dan sebagainya, sedikit sumbangan sekiranya perlu bagi jaringan anda mengikuti latihan usaha ini dan sebagainya.
  • Memastikan anda serta jaringan anda mempunyai daftar pelanggan tetap, serta membuat jualan pribadi paling minimal 400BV sebulan serta daftar prospek.
  • Bersedia untuk melakukannya serta memberi tumpuan sepenuhnya terhadap usaha ini dan menetapkan waktu paling minima 12 bulan untuk anda mencapai kesuksesan yang cukup berarti.

Baca buku Berpikir & Berjiwa Besar Bab : 2 “Sembuhkan Diri Anda Dari Dalih, Penyakit Kegagalan”

 

Organisasi Yang Sehat

  • Pastikan anda mempunyai 5 front line, servis mereka.
  • Pada setiap leg, kenali dengan pasti mereka yang benar-benar ingin sukses serta sanggup bekerja mengembangkan bisnis ini (Bekerja di kedalaman).
  • Meeting bersama mereka di awal bulan dan minta mereka membuat rencana aktivitas bulanan serta bersama mereka melaksanakan program K-LINK.
  • Sisihkan sedikit dana untuk persediaan produk dan starterkit.

Citra seorang yang sukses

  • Menjaga tingkah laku, Menjaga cara berpakaian (penampilan), Menjaga sikap, Menjaga tutur kata (Sopan-santun, Etika), dll.

 

Tanggung Jawab Upline

  • Berbagi pengalaman dan membantu tanpa memilih
  • Membantu dan membina downline baru, jaringannya dalam membangun bisnis
  • Dengan sabar melatih dan melahirkan pemimpin baru
  • Menyelesaikan masalah downline dengan hati yang tulus

Tanggung Jawab Downline

  • Menghargai dan berterima kasih terhadap bantuan Upline
  • Meminta nasehat Upline dengan rendah hati
  • Mewujudkan sikap ingin belajar, mendengar dan mencatat Untuk memberi teladan / contoh dimulai dari diri sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s